JAGA PERKATAAN KITA MAKA KITA AKAN MELIHAT HARI² BAIK KITA

 (1 Petrus 3:10)  

"Siapa yang mau mencintai hidup & mau melihat hari² baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yg jahat dan bibirnya terhadap ucapan² yang menipu. 

Apakah kita mudah jatuh sakit?
mungkin bukan karena tidak pernah olahraga atau karena tidak pernah makan makanan yg bergizi, atau krn gaya hidup yang salah. 

Sebuah penelitian menunjuk kan bhw hal itu mungkin bersumber pada kalimat yang sering kita dengar. 

Perkataan yang kita dengar kan dapat memengaruhi kesehatan kita
Suami, istri, anak dan orang tua dianjurkan untuk menghindari kata² yang menyakitkan walaupun diucapkan tanpa berteriak, karena ternyata kata² yang menyakitkan meningkat kan suatu hormon di dalam darah yang menyebabkan turunnya daya tahan tubuh thd serangan penyakit. Kortisol nama hormon itu, terdapat pada pria maupun wanita, sering juga disebut hormon stress krn terbukti ketika stress meningkat, hormon kortisol juga akan meningkat. 

Dari penelitian Tsb. terbukti bahwa interaksi atau hubungan positif antara suami dan istri dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terserang penyakit jantung, caranya adalah dengan menjaga hubungan suami istri yang baik, maka kadar hormon stress akan dipertahankan tetap rendah

Hasil penelitian Tsb.juga mengingatkan kpd kita untuk ber-hati² di dalam menggunakan perkataan kita.

(Yakobus 3:5-6)

Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yg besar. Lihatlah, betapa pun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yg besar
Lidah pun adalah api; 
ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota² tubuh kita sbg sesuatu yg dapat menodai seluruh tubuh & menyalakan roda kehidupan kita, 
sdg ia sendiri dinyalakan oleh api neraka. 

Banyak org yg sngat boros di dlm mengeluarkan kata² Kata² mluncur keluar bgitu saja tanpa dipikirkan dan dipertimbangkan apa akibatnya bagi mereka yang mendengarkan. Padahal kita bisa memutuskan untuk menjadi berkat melalui kata² yang kita keluarkan. 

(Efesus 4:29) 

Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yg baik untuk membangun, di mana perlu, spy mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Hendaklah kita menjadi orang yang  bijak, 
di mana lidah kita hanya mengeluarkan perkataan yang membangun dan bermanfaat. 

Philemon 1:6 (KJV)  

That the communication of thy faith may become effectual by the acknowledging of every good thing which is in you in Christ Jesus.

Agar komunikasi imanmu menjadi efektif dengan mengakui setiap hal baik yang ada di dalam kamu di dalam Kristus Yesus.

Kiranya anugerah Tuhan menolong kita untuk bisa menjaga lidah kita, sehingga kata-kata kita tdk menyakiti hati org lain, tetapi bisa menjadi sarang madu yang manis bagi hati dan obat bagi tulang²🙏

(Amsal 16:24)

"Perkataan yg menyenang kan adlh spt sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA YANG DIMAKSUD CERDIK & TULUS ?

KITA DIPANGGIL UNTUK MENGIKUTI JEJAK-NYA

ALASANNYA TUHAN MENGAJAR KITA LEMAH LEMBUT DAN RENDAH HATI