SETIALAH MULAI DARI PERKARA KECIL



(Lukas 16:10a)

"Barangsiapa setia dalam perkara² kecil, ia setia juga dalam perkara² besar."

Banyak orang seringkali memusatkan perhatian atau hanya terfokus kepada hal-hal yang besar, sampai² ia melupakan, meremehkan dan menyepelekan hal² yang kecil atau sederhana 😏.  Padahal untuk bisa sampai kepada perkara² yang besar kita harus mulai dari hal-hal yang kecil.  

Untuk bisa mencapai puncak gunung kita harus mulai pendakian dari bawah atau melewati lembah dan lereng terlebih dahulu.  
Ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa perjalanan seribu mil selalu dimulai dari langkah pertama 👣.

Coba tanyakan kepada orang-orang yang berhasil, baik itu berhasil dalam pekerjaan ataupun dalam pelayanan, mereka juga memulai segala sesuatunya dari nol, tidak langsung berada di top level. 

(Amsal 19:2-3)

Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah. 
Kebodohan menyesatkan jalan orang, lalu gusarlah hatinya terhadap TUHAN. 
 
Di zaman sekarang ini orang maunya berhasil secara instan, terkenal secara instan, atau kaya secara instan, tak peduli meski harus menempuh dengan cara² yang tidak halal 

(Amsal 13:11)  

Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya. 

Ketika melamar pekerjaan, orang maunya diposisikan di tempat teratas, tidak mau merintis dari bawah;  kalau pekerjaan tidak sesuai dengan ijazah, mereka tidak mau 😕. 

Begitu pula dalam hal melayani pekerjaan Tuhan, tidak sedikit orang Kristen yang pilih-pilih pelayanan.  Baru mau melayani jika ditempatkan di posisi depan, dilihat banyak orang, di posisi strategis.  Kalau hanya sebagai pendoa syafaat, pembezoek, apalagi hanya jadi tukang sapu lantai gereja, pelayanan itu pasti akan ditolak secara mentah-mentah, takut pamornya turun ☹️

(Matius 20:25-28)

Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa pemerintah² bangsa² memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar² menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. 
Tidaklah demikian di antara kamu. 
Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;
sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Untuk menyadarkan bahwa Tuhan 😇 tidak pernah INSTAN memberikan perkara2 besar kepada anak-anak-Nya. 

✳️ Yusuf memulai karirnya menjadi budak di rumah Potifar.
Karena campur tangan Tuhan dan Yusuf yang setia pada perkara kecil. Maka Tuhan angkat menjadi orang yang memiliki otoritas setelah Firaun di tanah mesir.

✳️ Daud memulai sebagai penggembala domba. Karena campur tangan Tuhan dan Daud setia dalam perkara kecil maka Tuhan percayakan dan Daud menjadi Raja yang hebat bagi bangsa Israel.

✳️ Daniel memulai karirnya sebagai pramusaji istana. Krn campur tangan Tuhan dan Tuhan percayakan, maka Daniel dengan setia dalam perkara kecil Tuhan berikan  tugas tanggung jawab perkara besar dan Daniel menjadi Perdana Menteri pada masa pemerintahan Raja Dairus

Sebelum kita layak untuk menerima sebuah kepercayaan yang lebih, mau tidak mau, kita harus terlebih dahulu melewati proses dari bawah.  
Kita tidak secara tiba-tiba berada di puncak.  
Ada ujian kesetiaan, ujian ketekunan dan ujian kesabaran dlm melakukan perkara-perkara kecil.  Bahkan, adakalanya kita harus melewati pengalaman pahit atau situasi sulit yang sangat menyakitkan secara daging 😣, 
Namun kita tidak boleh menyerah begitu saja, kita harus terus melangkah dan tetap mengerjakan apa yang menjadi bagian kita, tanpa ada sungut² 🤬.  
Ini adalah modal untuk beroleh kepercayaan lebih!

(Lukas 16:10-12)

"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara² kecil,  ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.
Jadi, jikalau kamu tdk setia dlm hal Mamon yang tidak jujur siapakah yang akan mempercayakan kpd mu harta yang sesungguhnya?
Dan jikalau kamu tidak setia dlm harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Cara kerja Kingdom of God adalah step by step..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA YANG DIMAKSUD CERDIK & TULUS ?

KITA DIPANGGIL UNTUK MENGIKUTI JEJAK-NYA

ALASANNYA TUHAN MENGAJAR KITA LEMAH LEMBUT DAN RENDAH HATI