TUHAN MENYERTAI KITA KEMANAPUN KITA PERGI

(Bilangan 9:16 )

“Demikianlah selalu terjadi: awan itu menutupi Kemah, dan pada waktu malam kelihatan seperti api.”

Dalam sebuah permainan arung jeram, dalam sebuah perahu diwajibkan ada pendamping dari pemilik wahana tersebut.

Fungsi dari pendamping ini adalah untuk mengarahkan perahu yang ada untuk mengindari batu² sepanjang aliran sungai yang akan dilewati.

Semahir apapun kita memainkan dayung, pendamping ini harus tetap ada agar perahu tidak sampai terbalik.

Selain itu kita juga diharuskan taat kepada aba2 pendamping itu dalam menjalankan dayung, dalam sebuah perahu haruslah ada kerjasama antara para pendayung dan pendamping yang akan mengarahkan perahu.

Alasannya sedikit saja kita tdk taat, maka perahu bisa saja menabrak batu yang ada & itu bisa membuat perahu itu terbalik.

Firman Tuhan hari ini adalah tentang penyertaan Allah kepada bangsa Israel, Tuhan memberikan penyertaan berupa awan pada siang hari agar mereka tidak kepanasan dan awan itu akan berubah menyala seperti api ketika malam hari, supaya bangsa Israel tidak kegelapan dan kedinginan di padang pasir.

Tuhan menyertai sepanjang perjalanan bangsa Israel, agar mereka tidak sampai mengalami kesusahan di sepanjang perjalanannya. Namun sayangnya mereka "tegar tengkuk"

(1 Korintus 10:5-6)

Tetapi sungguhpun demikian Allah tidak berkenan kepada bagian yang terbesar dari mereka, kerena mereka ditewaskan di padang gurun.  
Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal² yang jahat seperti yang telah mereka perbuat.

Tapi kini dalam Perjanjian Baru:
Tuhan juga memberikan penyertaan kepada kita yang percaya bukan lagi "dari luar" atau hanya sebagai "pendamping" saja melainkan Dia ada di dalam kita.

(Yohanes 14:16-18)

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. 
Tetapi kamu mengenal Dia sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu.
Aku datang kembali kepadamu.

(2 Korintus 13:5)  

Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tdk demikian, kamu tidak tahan uji. 

(Efesus 3:17, 20)

sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu & kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. 
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja "di dalam" kita.

Tuhan akan selalu siap memberikan pertolongan Nya kepada anak²-Nya ketika berjalan di dunia ini.
Namun Tuhan minta agar kita tetap percaya & tetap mengandalkan Dia dalam menghadapi segala sesuatu permasalahan di dunia ini.

(Amsal 3:5-7)

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada
pengertianmu sendiri. 
Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 
Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; 

(Filipi 2:13)  

Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

(1 Korintus 10:9-12)

Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh bebrapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular & janganlah bersungut², seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut. 
Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.
Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati² lah supaya ia jangan jatuh! 

Be wise...
Janganlah keluar dari "jalur-jalur" yang telah Tuhan tetap kan bagi kita agar iblis tidak dapat bekerja atas kita.

(Mazmur 91:1-2)

Orang yg duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi & bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."

(1 Petrus 5:8)  

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang me ngaum² dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA YANG DIMAKSUD CERDIK & TULUS ?

KITA DIPANGGIL UNTUK MENGIKUTI JEJAK-NYA

ALASANNYA TUHAN MENGAJAR KITA LEMAH LEMBUT DAN RENDAH HATI